ANEKA

Berkat Insentif, Pajak UMKM Meningkat

 

 

MEDIA GATHERING. Kakanwil Ditjen Pajak Sulselbartra, Eka Sila Kusna Jaya, (kiri) Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (P2
Humas) DJP Sulselbartra, Eko Pandoyo saat Media Gathering di Aston Hotel Makassar, Kamis, (10/01/19). IST.

MAKASSAR, UPEKS.co.id–Berkat insentif pajak kepada UMKM, perolehan pajak di segmen ini mengalami peningkatan. Meski belum signifikan namun hal ini dinilai positif berkontribusi terhadap pemasukan negara.

Kakanwil Ditjen Pajak Sulselbartra, Eka Sila Kusna Jaya menerangkan, langkah pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 tentang pajak UMKM yang menurunkan tarif pajak UMKM dari 1% menjadi 0,5% mulai menunjukkan hasil. Meski dari sisi nominal masih belum signifikan.

Secara umum WP UMKM tercatat mulai bertambah. Di Kanwil DJP Sulselbartra, Juni 2018 (bulan terakhir berlakunya tarif 1%) terdapat 16.588 WP UMKM

bayar pajak dengan setoran Rp10,554 miliar sedangkan Desember 2018 terdapat 40.577 WP UMKM yang bayar pajak dengan jumlah setoran Rp. 12,293 Miliar.

“Angka tersebut menunjukkan tren yang meningkat,” katanya dalam acara Media Gahtering “Ngobrol Santai Bareng Kakanwil Ditjen Pajak Sulselbartra di Aston Hotel Makassar, Kamis (10/01/19).

Eka mengatakan, realisasi tersebut efek dari insentif pajak yang berdampak massif adalah dengan terbitnya PP Nomor 23 Tahun 2018 yang mengatur penurunan tarif pajak UMKM dari 1% menjadi 0,5%.

“Dalam rangka menggairahkan Iiklim investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta melakukan relaksasi terhadap berbagai sektor perekonomian, pemerintah memberikan insentif pajak dalam berbagai bentuk. Salah satunya insentif bagi UMKM,” ujarnya.

Ia melanjutkan, kebijakan penurunan tarif ini akan memberikan keringanan dan diharapkan dapat memberi kesempatan bagi UMKM untuk bertumbuh dan pada saatnya akan naik kelas menjadi usaha yang lebih besar Iagi.

Pemerintah juga telah menerbitkan insentif pajak berupa tax holiday dengan skema yang memberikan berbagai relaksasi bagi pelaku usaha mulai dari tarif maupun persyaratannya. (hry).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top