ANEKA

ALFI Sulselbar Minta Pelindo IV Benahi Layanan Bongkar Muat

MAKASSAR, UPEKS.co.id–Pebisnis logistik yang tergabung dalam Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Sulselbar desak PT Pelabuhan Indonesia IV berbenah. Utamanya mempercepat proyek Makassar New Port (MNP) demi memperbaiki kondisi kepadatan lalu lintas logistik di wilayah timur yang ada di Pelabuhan Makassar.

Ketua ALFI Sulselbar, Saifuddin Saharudi mengatakan, pelabuhan Makassar sebagai hub di wilayah Timur sudah sangat kewalahan atas peningkatan volume aktivitas bongkar muat yang kian signifikan. Itu terlihat dari kondisi yang kerap kali terjadi antrean panjang kapal di Pelabuhan Bongkar Muat Makassar (TPM).

“Makanya Pelindo harus segera berbenah untuk dapat mengurai permasalahan yang di pelabuhan Makassar,” kata pria yang akrab di sapa Ipho ini, Kamis (10/01/19).

Ipho menyampaikan beberapa hal yang sudah bersifat mendesak adalah segera mengefektifkan operasional MNP untuk menunjang keterbatasan dermaga TPM yang hanya 850 meter.

“Karena hampir seluruh wilayah Indonesia Timur kapal transip ke Makassar yang berujung pada naiknya kedatangan kapal ke pelabuhan Makassar,” ujarnya.

Selain MNP, ia juga berharap dioptimalkannya peralatan sebagai penunjang utama dalam kelancaran operasional pelabuhan baik reciving dan delivery.

“Kemudian perbaikan pola maintenace peralatan yang ada dan menambah peralatan baik untuk MNP dan TPM karena peningkatan volume sangat tinggi untuk November-Desember 2018 mencapai 55.000 box/teus per bulan,” ujarnya.

Jika hal ini tidak segera ditindaklanjuti, kaya Ipho efeknya berujung kepada beban biaya akibat kerugian yang timbul akibat lamanya aktivitas bongkar muat. Yang pada akhirnya tambahan biaya tersebut akan kembali kepada pelanggan Pelabuhan, khususnya pebisnis logistik. (hry).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top