ANEKA

Pangkep Butuh Ambulans Laut, Tim Senior Kepresidenan Ingatkan Instruksi Presiden

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Tim senior Kepresidenan, Syahrul Yasin Limpo (SYL), menyebutkan bakal
berkunjung di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep).

Tujuannya, untuk melihat kondisi pelayanan fasilitas kesehatan menjadi keluhan besar dari masyarakat Pangkep  saat ini. Hal itu disebutkan SYL, sebagai bentuk instruksi Presiden Jokowi Widodo, Minggu (06/01/2019).

“Memang ini instruksi kepada Presiden Jokowi untuk peningkatan infrastruktur dalam dua bidang seperti bidang  pendidikan dan kesehatan lebih baik untuk kepentingan rakyat,” ungkap Mantan Gubernur dua periode di Sulsel.

SYL menjelaskan, selain budaya sehat yang harus dijaga oleh masyarakat, pemerintah juga harus memberikan  pelayanan fasilitas dan sarana kesehatan yang cukup memadai, mulai dari tingkat regional, nasional dan bahkan  sampai ke tingkat internasional.

“Ingat, bahwa tugas pemerintah itu adalah membangun rahmat bagi rakyat dan saya secara pribadi akan  memperjuangkan dan mengedepankan untuk kepentingan rakyat,” tegas SYL yang dijuluki Komandan di Sulsel.

Untuk daerah Sulsel sendiri, lanjut SYL, ada dua kabupaten daerah kepulauan seperti Selayar dan Pangkep yang  paling dibutuhkan dalam fasilitas dan pelayanan kesehatan dalam hal ini ambulance laut menjadi dikeluhkan oleh  masyarakat disana.

“Dari dua kepulauan tersebut, paling membutuhkan adalah kabupaten Pangkep. Dan itu menjadi keluhan utama di  masyarakat disana. Karena pangkep mempunyai beberapa pulau yang jauh dari pelayanan fasilitas kesehatan  hingga menempuh perjalan 3 sampai 5 jam lamanya,” uraiannya.

Ia menambahkan, apalagi sejalan dengan program presiden saat ini untuk melanjutkan pembangunan untuk  kepentingan masyarakat.

“Untuk keluhan masyarakat di Pangkep. Saya akan coba berbincang-bicang dengan bupatinya, tentang pelayanan  fasilitas kesehatan, mulai dari Tenaga kesehatan sampai fasilitas kesehatan. Apalagi, Pangkep ini daerah  kepulauan dan sangat diperlukan adanya ambulance laut yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur  (SOP),” kata Ketua DPP NasDem sekaligus menjadi caleg dapil II Sulsel meliputi Kabupaten Bulukumba, Sinjai,  Bone, Wajo, Soppeng, Parepare, Barru, Pangkep, dan Maros.

Sementara dikonfirmasi terpisah Muh. Imanuddin Taqwa Karim, dari Dines Kesehatan pangkep, membenarkan  minimnya fasilitas dalam hal ini ambulance laut di Pangkep.

“Benar, kami di Dinas Kesehatan Pangkep, sangat membutuhkan yang nama Ambulance Laut,” ungkapannya.

Ia menjelaskan dari 18 pulau yang tersebar di Pangkep hanya satu perahu dijadikan ambulance laut dan itupun  tidak sesuai dengan standar ambulance laut.

“Yang sekarang ini beroperasi hanya satu perahu yang melayani beberapa pulau yang ada. Mudah-mudah tahun  ini pemerintah daerah dapat mengalokasi untuk pembuatan ambulance laut, agar dapat mendekatkan pelayanan  fasilitas kesehatan untuk masyarakat Pangkep,” ucapnya Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (Kasie P2 PTM dan Keswa).

Sekedar diketahui, dari 18 pulau yang tersebar di Kabupaten Pangkep dan terdiri empat kecamatan yakni  Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Liukang Tupabbiring, Liukang Tangaya, dan Liukang Kalmas. (rls).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top