ANEKA

Kades Langori “U” Belum Ditahan


AKP I Gede Pranata Wiguna. Foto: Pilips

KOLAKA, UPEKS.co.id—Kepala Desa(Kades) Langori Kecamatan Baula inisial”U” kini belum ditahan sejak
dijadikan tersangka oleh penyidik Reskrim Polres Kolaka baru-baru ini.

Dengan alasan “U”saat ini masih tetap menjabat sebagai Kades Langori meski sudah menyandang predikat  tersangka sesuai Laporan Polisi LP/116/X/2018/Sultra/Tes Kolaka, tanggal 06 Oktober 2018 lalu.

Bahkan berkas penyidikannya kini sudah lengkap, dan siap untuk dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri
Kolaka.Ungkap Kasat Reskrim Polres Kolaka AKP I Gede Pranata Wiguna.

Kasat Reskrim Gede, menjelaskan dari hasil penyidikan tetsangka Kades Langori”U” melakukan tindak pidana  telah melakukan pemotongan dan atau tidak memberikan insentif atau honor perangkat desanya yaitu BPD, LPM,  Linmas, Tim Pelaksana Kegiatan, Pendamping Desa, Pemuka Agama, Kades Posyandu, serta pelaksana teknis  keuangan.

Selain itu tersangka Kades “U” ini juga melakukan pemotongan terhadap upah kerja tukang dan buruh yang  mengerjakan pembangunan infrastruktur desa.

Bukan hanya itu kata Kasat Reskrim, tersangka “U” juga melakukan pemotongan terhadap dana Badan Usaha  Milik Desa(Bumdes). Selain itu melakukan pembelian material berupa semen dan kayu dalam laporan  pertanggungjawabannya tidak sesuai dengan bukti pisiknya.

Atas perbuatan tersangka “U” telah memperkaya diri sendiri dan merugikan keuangan negara mencapai Rp 407  juta lebih, atas penyalagunaan melakukan korupsi terhadap anggaran ADD dan DD tahun 2016 sampai tahun  2017 sampai Oktober 2018 lalu.(penulis: pil)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top