ANEKA

Cegah Politik Uang, Bawaslu Gencar Sosialisasi

 

SINJAI, UPEKS.co.id–Guna mencegah pelanggaran jelang Pemilu 2019, seperti money politic (politik uang), black campaigne (kampanye hitam),dll. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan memanfaatkan lokasi Car Free Day di Jalan Persatuan Raya, Kecamatan Sinjai Utara untuk melakukan kegiatan sosialisasi, Minggu (6/1).

Ketua Bawaslu Kabupaten Sinjai, Muhammad Rusmin Rusmin A Kayyum, mengatakan bahwa sekalipun ada kewenangan dari Bawaslu untuk melakukan penindakan, tapi mereka berupaya sedemikian rupa untuk lebih mendahulukan pencegahan.

“Kami berharap kepada masyarakat untuk kemudian tidak melakukan pelanggaran, baik itu peserta Pemilu maupun masyarakat sendiri, terutama menjelang kampanye untuk menghindari politik uang,” ujarnya.

Rusmin berharap, agar masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan baik. “Pergunakanlah hak pilih anda dengan baik, tanpa pengaruh maupun intimidasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggun jawab,” ungkapnya.

Diketahui bentuk sosialisasi ini yaitu membagikan stiker yang berisi tentang pasal-pasal bagaimana bersama-sama menolak politik uang, agar kemudian Pemilu ini ke depan betul-betul Pemilu yang berintegritas dan kemudian bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat atas hasil dari Pemilu nanti.

Lanjut Rusmin, menerangkan bahwa kegiatan ini hanya melibatkan pihak dari Bawaslu, dan belum ada pihak lain yang terlibat.

“Tapi tidak menutup kemungkinan sampai nanti pelaksanaan hari H kita akan mengajak dan melibatkan seluruh stakeholder yang ada untuk bahu membahu bagaimana mengedepankan sosialisasi untuk pencegahan politik uang maupun bentuk-bentuk pelanggaran lainnya,” jelasnya. (egy)

 

 

 

 

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top