ANEKA

Tumpukan Sampah dan Tingginya Tarif Objek Wisata di Buntu Burake Disorot

TATOR,UPEKS.co.id—Sejumlah Pengunjung Objek Wisata Religi Patung Tuhan Yesus di Buntu Burake  Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja menuai sorotan.

Pantauan Upeks, ratusan pengunjung terlihat meramaikan objek wisata andalan Pemkab Tana Toraja di hari  ketiga tahun baru 2019.

Sayangnya sampah berserakan diberbagai titik, sehingga sangat merusak susasana objek wisata Andalan  Pemkab yang terbangun di era kepemimpinan bupati, Theofilus Allorerung tersebut.

“Kotor sekali ini objek wisata, masa tidak ada yang bersihkan, tempat sampah penuh sepertinya orang buang  sampah begitu saja,” ujar Anre yang mengaku pengunjung dari Bone, Kamis (3/01/2019).

Hal senada dilontarkan Amos dan Rasti. Dia juga mengeluhkan kurangnya fasilitas, karena tempat duduk hanya  sedikit disiapkan, sehingga ada yang hanya berdiri dan duduk di tangga, belum lagi toilet tidak gratis.

“Kalau menurut saya, liburan disini serba mahal, semuanya dibayar tapi fasilitas kurang dan tidak sebanding  pengeluaran bagi saya,” keluhnya.

Diketahui, warga yang memiliki lahan di area objek wisata menggunakan kesempatan sebagai lahan parkir. Untuk  motor Rp2 Ribu, mobil Rp 5 Ribu, tarif masuk Rp 10 Ribu per orang, dan toilet yang disediakan warga tarif buang  air kecil Rp 5 Ribu dan buang air besar Rp 7 Ribu.

Salah satu pedagang di lokasi wisata itu mengatakan, mohon dimengerti, pedagang juga kesulitan air. Makanya tarifnya mahal. Problemnya, pemkab juga belum fungsikan toiletnya yang dibangun dengan biaya yang tidak  sedikit.banyak,” ujar salah satu pedagang di lokasi wisata.

Hal yang menjadi perbincangan pengunjung, wahana baru uji adrenalin jembatan kaca, tarifnya Rp 50 Ribu per  orang dengan waktu yang tersedia hanya 10 menit.

“Kalau menurut saya, tarifnya Rp50.000 dengan waktu 10 menit termasuk mahal, padahal fasilitasnya hanya kaos  kaki saja,” keluh herman yang mengaku asal Morowali itu. (Anton)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top