SULAWESI SELATAN

Perusda Mulai Kembangkan Ternak Sapi

KOLAKA, UPEKS.co.id–Badan Usaha Milik Daerah(BUMD) Perusahaan Daerah(Perusda) Aneka Usaha Kolaka tahun 2019 kini mulai merintis usaha pengembangan peternakan Sapi Brahmancros sejenis Sapi Australia. Tujuannya adalah bagaimana usaha ini bisa memberikan Pendapatan Asli Daerah(PAD) yang signifikan.

“Tahun ini Perusda mulai mengembangkan usaha peternakan Sapi,”hal itu diungkapkan oleh Direktur PD Aneka Usaha Armansyah dikonfirmasi Upeks dikediamannya baru-baru ini.

Dikatakannya bahwa lokasi pengembangan usaha peternakan Sapi yang akan ditempatkan di Kecamatan Watubangga Desa Mataosu dengan luas areal sekira 100 hektare.

“Anggaran pengadaan bibit ini dari dana hibah Kementrian Pertanian RI. Kami sudah dijanji oleh staf khusus Kementan untuk mengembangkan usaha peternakan Sapi Brahmancros di Kolaka,”kata Armansyah.

Ia menjelaskan bahwa untuk menjaga keamanan dan kelangsungan usaha peternakan Sapi Brahmancros ini, maka seluruh areal lahan dipagar keliling. Termasuk didalam areal itu juga sudah disiapkan untuk Hijauan Makanan Ternaknya(HMT).

“Karena dalam melakukan pemagaran seluruh areal peternakan ini memerlukan anggaran cukup besar, maka pemagarannya harus bertahap,”jelas Armansyah.

Lanjutnya bahwa dana hibah yang diberikan oleh Kementan RI, akan diberikan secara bertahap.

“Tahap pertama rencananya akan diberikan sebanyak 50 ekor. Kita berharap pengembangan usaha peternakan Sapi Brahmancros bisa memberikan PAD yang besar bagi daerah,”harap Armansyah.(pil)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top