EDUKASI BUDAYA

Dosen UMI Latih Penataaan Manajemen dan Kurikulum Pengajian MT Nurul Ukhuwah Borikamase

MAROS,UPEKS.co.id—Pengabdian pada masyarakat, merupakan salah satu tri darma perguruan tinggi selain
pengajaran/pendidikan dan penelitian yang harus dilaksanakan seorang dosen.

Untuk itu, dua orang Dosen Fakultas Sastra UMI, H.M. Nawawi dan Nurjannah Abna melaksanakan pengabdian  pada masyarakat dalam bentuk program penataan manajemen dan kurikulum majelis taklim Nurul Ukhuwah  Desa Borikamase 2018.

Nurjannah Abna menandaskan, sebelumnya dilaksanakan sosialisasi pada Pengurus Majelis Taklim Nurul  Ukhuwah dan Kepala Desa Borikamase.

Alhamdulillah, Ahad (30/12) kami laksanakan pelatihan manajemen pengelolaan organisasi majelis taklim. Insya  Allah pertemuan selanjutnya pelatihan penataan sistem kurikulum dan model pembelajaran.

Pesertanya, 40 pengurus majelis taklim Nurul Ukhuwah, Desa Borikamase Kec. Maros Baru dan berlangsung di  aula Kantor Desa Borikamase.

Nurjannah Abna menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai program.pengabdian pada masyarakat  mengacu pada permasalahan yang dihadapi, pengurus Majelis Taklim Nurul Ukhuwah Desa Borikamase Kec.  Maros Baru.

Pengelolaan organisasi belum tertata dengan baik demikian pula materi pengajian belum ada standarisasi  kurikulum yang mengatur materi pengajian, ujarnya.

Program pengabdian kami ini, lanjut Nurjannah bertujuan memberi kontribusi dalam upaya memaksimalkan peran  dan fungsi majelis taklim Nurul Ukhuwah Desa Borikamase.

Pertimbangannya, disadari perannya sebagai lembaga pendidikan non formal, sehingga perannya secara masif  mampu termanfaatkan dengan maksimal sebagai lembaga pendidikan dan dakwah non formal yang bertujuan  mengembangkan SDM, meningkatkan kualitas dan kreatifitas jamaah, menumbuhkan nilai-nilai Islam dan  kemasyarakatan.

Selain itu, peran Majelis Taklim akan semakin kuat jika ditunjang kemampuan manajemen dan adminsitrasi  organisasi terkelola dengan baik, tambah Nawawi yang juga Dosen Fakultas Sastra UMI ini.

Ketua tim Penggerak PKK Desa Borikamase yang juga Pembina Majelis Taklim Nurul Ukhuwah Borikamase, Indra  Aswin sangat berterima kasih dan penghargaan kepada Dosen UMI.

”Kehadirannya merupakan andil besar dalam membantu melaksanakan program pemberdayaan masyarakat,  khususnya meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan Majelis Taklim dalam pengelolaan  organisasai lebih baik,” kata Indra Aswin.

Semoga ilmu yang dipaparkan, kata Indra bermanfaat dan bernilai ibadah, sehingga kami dapat mengelola organisasi majelis taklim lebih profesional. (rls).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top