UPEKS http://upeks.fajar.co.id Bacaan Pebisnis Sukses Mon, 20 Aug 2018 23:55:42 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.8 PTST Bina Masyarakat Hasilkan Rupiah Dari Sekam Padi http://upeks.fajar.co.id/2018/08/21/ptst-bina-masyarakat-hasilkan-rupiah-dari-sekam-padi/ http://upeks.fajar.co.id/2018/08/21/ptst-bina-masyarakat-hasilkan-rupiah-dari-sekam-padi/#respond Mon, 20 Aug 2018 23:55:42 +0000 http://upeks.fajar.co.id/?p=125611

PANGKEP, Upeks.co.id — PT Semen Tonasa (PTST)menggelar pertemuan dengan kelompok masyarakat penggilingan padi dalam rangka implementasi efesiensi energi dan penurunan emisi berbasis masyarakat, di Kampung Samaelo, Kelurahan Bontoa, Kecamatan Bungoro, Senin(20/8/18).

Ketua Tim Efesiensi Energi PTST, Ridwan Purnomo mengatakan, pemanfaatan sekam padi sebagai bahan bakar telah lama dipergunakan oleh PTST.

Akan tetapi, selama ini pemasok sekam padi kepada PTST kebanyakan dari daerah luar Pangkep. Sementara, potensi sekam padi dari dalam daerah Pangkep cukup memadai.

“Olehnya itu, kita ingin optimalkan pemasok dari dalam Pangkep. Kita mau membina masyarakat, khususnya sekitar pabrik,”ujarnya.

Lanjut disampaikannya, selama ini sekam padi oleh masyarakat hanya dibuang atau dibakar, sehingga berdampak pada lingkungan maupun udara.

“Sementara, sekam itu dapat dijadikan bahan bakar pengganti batu bara. PTST akan membeli sekam padi tersebut, sehingga bisa meningkatkan taraf hidup karena bernilai ekonomi. Ada rupiahnya, bisa membuka lapangan kerja juga jasa angkutan,”tambahnya.

Tonasa membeli sekam padi seharga Rp190 ribu/ton. Kebutuhan  sekam padi Tonasa mencapai ratusan ton.(Sahrir)

Komandan Kodim (Dandim) 1408/BS, Letkol Inf Andriyanto, SE didampingi Danramil 1408-10/Panakkukang, Mayor Kav Rohmad Agus Hidayat dan Ketua Persit Kartika Cabang XI Dim 1408 PD XIV/Hasanuddin, Ny Teppy Andriyanto, saat memberikan pengarahan, di Koramil 10 Panakkukang, Senin (20/8) kemarin.

Makassar, Upeks.co.id–Mengetahui secara jelas kondisi anggota dan wilayahnya, menjadi fokus perhatian Komandan Kodim (Dandim) 1408/BS, Letkol Inf Andriyanto, SE.

Sejak serah terima jabatan sebagai Dandim 1408/BS pada 15 Agustus 2018 lalu, mengunjungi seluruh wilayah teritoral dalam lingkup Kodim 1408/BS menjadi agenda khusus.

Selain memberikan pengarahan, berkomunikasi langsung dengan seluruh personil merupakan tujuan dari kunjungan kerja tersebut. Seperti Senin (20/8) kemarin, Dandim 1408/BS mengunjungi sejumlah Koramil, termasuk Koramil 10 Panakukkang.

Didampingi Danramil 1408-10 Panakkukang, Mayor Kav Rohmad Agus Hidayat, Dandim hadir bersama Ketua Persit Kartika Cabang XI Dim 1408 PD XIV/Hasanuddin, Ny Teppy Andriyanto, Pasi Teritorial, Mayor Inf. Patahana, serta pengurus Persit Kartika Cabang XI Dim 1408 PD XIV/Hasanuddin, Ny Ayu Wahyu.

Berbagai hal terkait tugas kewilayahan menjadi materi pengarahan. “Kunjungan kerja ke satuan lingkup Kodim 1408/BS ini menjadi agenda sejak serah terima lalu. Tujuannya adalah untuk mengetahui situasi serta kondisi prajurit dan keluarganya yang ada di wilayah.

Selain ingin lebih mengenal permasalahan di lapangan, juga untuk mengetahui sejauh mana kemampuan prajurit dalam melaksanakan tugas kewilayahan yang menjadi tanggungjawab mereka.

“Makassar adalah kota yang unik. Karakter masyarakatnya kuat dan tegas serta miliki pengetahuan luas. Sehingga aspirasi disampaikan dengan berbagai cara, baik melalui jalur yang sudah disesuaikan maupun jalur demonstrasi. Pada dasarnya itu adalah bentuk penyampaian aspirasi masyarakat. Tetapi satu hal yang tidak bisa saya lupa dan membekas di hati saya dari karakter masyarakat Makassar adalah jiwa gotong royongnya yang sangat tinggi. Dan itu sudah saya buktikan, saat ikut bergabung pada ekspedisi NKRI tahun 2013 silam. Bagi saya, Makassar sangat luar biasa,” papar Letkol Andriyanto.

Selain itu, Letkol Andriyanto juga menjabarkan bahwa kunjungannya juga untuk menegaskan kepada babinsa akan tugas kewilayahan. Babinsa harus tahu jelas dan detail tentang wilayahnya.

Penguasaan wilayah dan potensi yang ada di wilayahnya wajib diketahui. Potensi yang ada di wilayah, bisa diberdayakan untuk menjadi pendukung dalam kelancaran pelaksanaan tugas kewilayahan. Yang perlu diingat, setelah sekian lama melaksanakan tugas kewilayahan maka secara otomatis pasti sudah tahu potensi wilayahnya. Tetapi jangan karena merasa sudah menguasai dan mengetahui wilayahnya, sehingga menganggapnya sebagai rutinitas yang justru akan menjadi suatu kelemahan,” jelasnya, yang juga menyinggung bahwa selama ini sinergitas antara Kodim 1408/BS dan pemda setempat sangat baik.

Sinergitas tersebut, akan menjadi tugas yang harus dilanjutkan. Apalagi ke depan, sejumlah momen penting akan terlaksana.

“Saya hanya tinggal melanjutkan dan mengaktifkan apa yang sudah ada,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Persit Kartika Cabang XI Dim 1408 PD XIV/Hasanuddin, Ny Teppy Andriyanto juga mengapresiasi kreatifitas dari anggota persit di Koramil 1408-10/BS Panakkukang. Menurutnya, kreasi yang tercipta dari anggota persit menjadi bukti bahwa persit mampu untuk menggali potensi yang dimiliki, khususnya yang mengarah pada ekonomi kreatif.

“Jadi persit yang ada di rumah bukan berarti hanya diam saja. Berkreasi untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat baik bagi diri maupun keluarga adalah sesuatu yang harus memperoleh apresiasi,” katanya.

“Saya mengapresiasi anggota persit yang sangat kreatif dan mampu menciptakan sesuatu hasil yang bermanfaat. Ini bisa menjadi contoh bagi yang lainnya, khususnya persit yang ada di rumah. Jadi selain tetap dekat dengan anak dan suami, juga mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Kita akan coba kembangkan ekonomi kreatif dari persit. pengusulan itu akan coba kita teruskan ke PD,” papar Ny Teppy Andriyanto.(rls)

]]>
http://upeks.fajar.co.id/2018/08/21/ingin-lebih-dekat-dandim-1408-bs-kunker-ke-koramil-dandim-makassar-miliki-karakter-unik/feed/ 0
Bupati Luwu Timur Mediasi Konflik Dua Kelompok Pemuda di Burau http://upeks.fajar.co.id/2018/08/21/bupati-luwu-timur-mediasi-konflik-dua-kelompok-pemuda-di-burau/ http://upeks.fajar.co.id/2018/08/21/bupati-luwu-timur-mediasi-konflik-dua-kelompok-pemuda-di-burau/#respond Mon, 20 Aug 2018 22:56:12 +0000 http://upeks.fajar.co.id/?p=125597

Lutim, Upeks.co.id–Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler melakukan mediasi terhadap dua kelompok pemuda dari Desa Kalatiri dan Desa Lumbewe Kecamatan Burau yang terlibat bentrok pada Sabtu 11 Agustus 2018 malam. Bentrokan itu mengakibatkan satu korban terluka dari pemuda Kalatiri.

Mengantisipasi kemungkinan terjadinya bentrok susulan. Pemerintah dan Aparat keamanan bergerak melakukan mediasi. Proses mediasi ini berlangsung terpisah yang diawali di Desa Kalatiri kemudian berlanjut ke Desa Lumbewe, Senin (20/08/2018).

Dalam pertemuan mediasi itu, Bupati didampingi Asisten Pemerintahan, Dohri As’ari, Kasatpol PP dan Damkar, Indra Fawsy, Camat Burau, Sukri, dan Kabag Ops Polres Luwu Timur, Rifai dan Kades Kalatiri, Opi Singkalong dan Kades Lumbewe, HM. Bintang Aras.

Mewakili Pemuda Kalatiri, Abdul Rahman dalam kesempatan itu meminta agar pelaku yang telah melukai korban bisa segera ditangkap dan diproses secara hukum yang berlaku. Ia juga meminta agar warga memberikan kepercayaan penuh kepada Pemerintah dan aparat keamanan untuk menyelesaikan persoalan ini.

“Kalau pelakunya sudah tertangkap dan diproses secara hukum, kami anggap sudah selesai pak masalahnya. Itu saja yang kami harapkan, yang penting pelaku ditangkap,” katanya.

Mewakili Warga Lumbewe, Nahris mengatakan, sangat mendukung langkah aparat keamanan untuk menangkap pelaku. Ia juga meminta agar semua pihak menahan diri dan menyerahkan sepenuhnya kasus ini untuk ditangani aparat kepolisian.

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler meminta agar warga tetap beraktivitas seperti biasanya. Menurutnya, kasus pertikaian yang terjadi ini sudah ditangani pihak yang berwenang dan pelaku yang telah melukai korban akan ditangkap aparat yang berwenang dan diproses sesuai hukum yang berlaku.

“Jangan mudah terpancing isu provokasi yang menyesatkan, percayakan Pemerintah dan aparat keamanan untuk menangani persoalan ini. Jangan ada pergerakan yang dapat memancing persoalan lebih besar lagi,” kata Husler.

Pemerintah dan Kepolisian, kata Husler, telah bekerja dengan maksimal untuk segera menangkap pelaku. Oleh karena itu, ia meminta agar warga tetap tenang dan tidak terpancing. Pasalnya kondisi yang seperti ini sangat rentan di provokasi oleh pihak-pihak yang ingin memecah belah.

“Mari kita jaga kebersamaan ini. Sekali lagi saya tekankan, Jangan ada pergerakan, mohon percayakan sepenuhnya kepada Pemerintah dan aparat keamanan untuk menyelesaikan persoalan ini,” tutup Husler. (Citizen Reporter: Ryan-Diskominfo)

]]>
http://upeks.fajar.co.id/2018/08/21/bupati-luwu-timur-mediasi-konflik-dua-kelompok-pemuda-di-burau/feed/ 0
Peduli Korban Gempa Lombok, Matros AL Band Lantamal VI  Galang Dana Lewat Konser Kemanusian http://upeks.fajar.co.id/2018/08/21/peduli-korban-gempa-lombok-matros-al-band-lantamal-vi-galang-dana-lewat-konser-kemanusian/ http://upeks.fajar.co.id/2018/08/21/peduli-korban-gempa-lombok-matros-al-band-lantamal-vi-galang-dana-lewat-konser-kemanusian/#respond Mon, 20 Aug 2018 22:52:22 +0000 http://upeks.fajar.co.id/?p=125593

Makassar, Upeks.co.id–Matros AL Band Lantamal VI bersama puluhan grup band Kota Makassar menggelar pertunjukan amal yang bertajuk Konser Kemanusian “Dari Musisi Untuk Lombok” sebagai wujud keprihatinan dan kepedulian terhadap gempa yang mengguncang Pulau Lombok, NTB, Senin malam (20/08/2018).

Di konser kemanusiaan yang digelar di Food city Pasar Segar Makassar,  di ikuti band Makassar antara lain Band Loe Joe, Triple Six  band, Galarasta, Stul-q, Cadaz, Pallawa band, Unskiny Bop, The Guru, dan masih banyak lagi.

Asisten Personel (Aspers) Danlantamal VI Kolonel Laut (S) Mulyawan SE yang juga sebagai gitaris Matros  AL Band Lantamal VI ini mengucapkan terima kasih dan rasa bangganya Matros AL band Lantamal VI turut andil dalam penggalangan dana untuk korban gempa bumi di pulau Lombok.

Sebanyak 4 lagu dipersembahkan oleh Matros AL band Lantamal vI dan berhasil pukau penonton yaitu It’s my life (Bon Jovi),  Final Countdown (Europe), kehidupan (Goodbless) dan Kehadiranmu (Boomerang).

Dalam konser yang  digelar pada malam hari ini, Group Band yang ada di Kota Makassar ini melakukan inisiatif dengan mengumpulkan donasi dari para donatur yang mau ikut berpartisifasi. Disamping itu mereka juga melakukan suatu pasar pelelangan instrumen musik yaitu berupa gitar sebanyak 2 unit yang kemudian hasilnya dikumpulkan sebagai bentuk sumbangan untuk korban gempa Pulau Lombok.(rls)

]]>
http://upeks.fajar.co.id/2018/08/21/peduli-korban-gempa-lombok-matros-al-band-lantamal-vi-galang-dana-lewat-konser-kemanusian/feed/ 0
Honda Target Brio Laku Keras di GIIAS Makassar Auto Show 2018 http://upeks.fajar.co.id/2018/08/21/honda-target-brio-laku-keras-di-giias-makassar-auto-show-2018/ http://upeks.fajar.co.id/2018/08/21/honda-target-brio-laku-keras-di-giias-makassar-auto-show-2018/#respond Mon, 20 Aug 2018 22:20:39 +0000 http://upeks.fajar.co.id/?p=125588

MAKASSAR, UPEKS.co.id— Honda hadir kembali pada ajang GIIAS Makassar Auto Show 2018 yang akan digelar pada tanggal 21 – 26 Agustus 2018 di Celebes Convention Center, Makassar.

Andy Antonius, General Manager Region 2 PT. Prospect Motor, Main Dealer Honda Outside Java Area mengatakan Honda target jual 690 unit selama di GIIAS. “Saya optimis itu bisa tercapai, bisa tercapai. Karena kontribusi GIIAS buat penjualan Honda bagus,” ujarnya saat menggelar jumpa pers di Hotel The Rinra, Senin (20/8/18).

Dari 690 unit itu, Honda target Brio laku keras dengan angka 42 persen. “Kita punya ekspektasi besar untuk Brio baru supaya calon konsumen bisa tahu bahwa Brio mobil city car terbaik,” tambah Andy Antonius.

Honda tampil dengan membawa beragam produk andalannya yang meliputi New Honda Mobilio E CVT, Honda Civic Hatchback E CVT, All New Honda CR-V 2.0L, Honda BR-V E CVT, New Honda HR-V 1.5L Special Edition, New Honda HR-V 1.8L. (Muhajir)

]]>
http://upeks.fajar.co.id/2018/08/21/honda-target-brio-laku-keras-di-giias-makassar-auto-show-2018/feed/ 0
Harga Rumah Naik, Baca di Koran Upeks Hari Ini… http://upeks.fajar.co.id/2018/08/21/harga-rumah-naik-baca-di-koran-upeks-hari-ini/ http://upeks.fajar.co.id/2018/08/21/harga-rumah-naik-baca-di-koran-upeks-hari-ini/#respond Mon, 20 Aug 2018 20:54:23 +0000 http://upeks.fajar.co.id/?p=125579


]]>
http://upeks.fajar.co.id/2018/08/21/harga-rumah-naik-baca-di-koran-upeks-hari-ini/feed/ 0
Kemenag Sulsel Realisasikan Anggaran di Angka 65%   http://upeks.fajar.co.id/2018/08/20/kemenag-sulsel-realisasikan-anggaran-di-angka-65/ http://upeks.fajar.co.id/2018/08/20/kemenag-sulsel-realisasikan-anggaran-di-angka-65/#respond Mon, 20 Aug 2018 15:05:40 +0000 http://upeks.fajar.co.id/?p=125574 MAKASSAR, Upeks.co.id–Realisasi anggaran Kementerian Agama (Kemenag) Prov. Sulsel berada dikisaran rata-rata angka 65% di semester I tahun 2018 pada masing-masing bidang dan daerah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulsel, H. Anwar Abubakar, saat memimpin rapat koordinasi Pimpinan dalam rangka pelaksanaan anggaran triwulan III pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (20/08/18).

Disamping membahas realisasi anggaran, Kakanwil Kemenag Sulselmeminta seluruh jajarannya untuk berupaya seoptimal mungkin melakukan penilaian kinerja terhadap seluruh ASN di lingkungan kerjanya, termasuk optimalisasi data tenaga Non PNS dari semua satuan kerja.

“Ini terkait dengan rencana hadirnya Pihak Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) menilai langsung pada aspek kinerja kita nantinya,” katanya di hadapan pejabatnya seperti pejabat eselon III Kanwil Kemenag Sulsel termasuk Kepala Kantor Kementerian Agama Kab./Kota ditambah Kepala Seksi Penmad, Pendis dan PAI.

Tak hanya itu, salah satu yang teramat penting untuk selesaikan bersama, kata kakanwil adalah terkait pengisian jabatan Khusus Kepala KUA yang kini terkendala dengan ketersediaan stok Penghulu di beberapa daerah. “Dengan melakukan distribusi Penghulu diharapkan bisa menjadi solusi atas kendala tersebut,” ujarnya.

“Butuh tindakan untuk segera mengeksekusi, tentunya dengan menyesuaikan prosedur kewenangan yang ada,” timpalnya. (rls)

]]>
http://upeks.fajar.co.id/2018/08/20/kemenag-sulsel-realisasikan-anggaran-di-angka-65/feed/ 0
Camat Tamalanrea Puji Kapasa Raya, Usulkan Vertikal Garden   http://upeks.fajar.co.id/2018/08/20/camat-tamalanrea-puji-kapasa-raya-usulkan-vertikal-garden/ http://upeks.fajar.co.id/2018/08/20/camat-tamalanrea-puji-kapasa-raya-usulkan-vertikal-garden/#respond Mon, 20 Aug 2018 13:08:48 +0000 http://upeks.fajar.co.id/?p=125568 MAKASSAR, Upeks.co.id–Pelaksana Tugas (Plt) Camat Tamalanrea Muhammad Rheza memuji kebersamaan yang diperlihatkan warga Kapasa Raya dalam melaksanakan sejumlah kegiatan.

Hal itu diungkapkan saat hadir di area pelaksanaan Porseni dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 73, lapangan belakang Masjid Nurul Islam, RW 01 Bangkala, Minggu (19/8/2018).

Bahkan kedatangannya kali ini, melihat langsung pembibitan tanaman bunga yang dilakukan Jumaris H Nyimpung, warga yang konsen membibit berbagai macam bunga.

“Ini patut dicontoh membuat vertikal garden. Karena selama ini menanam bunga kuatir disambar kendaraan,” ujarnya seraya menunjuk salah satu model tanaman yang dimaksud.

Kedatangannya usai melaksanakan senam rutin tiap pekan, disambut Lurah Kapasa Raya Abu Bakar, Seklur HA Rahman, Ketua PKK Sunarti Abu, serta Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Aiptu Malatundu. (*)

]]>
http://upeks.fajar.co.id/2018/08/20/camat-tamalanrea-puji-kapasa-raya-usulkan-vertikal-garden/feed/ 0
Jamaah Kloter 14 UPG Larut Dalam Lantunan Istigfar, Zikir, dan Doa http://upeks.fajar.co.id/2018/08/20/jamaah-kloter-14-upg-larut-dalam-lantunan-istigfar-zikir-dan-doa/ http://upeks.fajar.co.id/2018/08/20/jamaah-kloter-14-upg-larut-dalam-lantunan-istigfar-zikir-dan-doa/#respond Mon, 20 Aug 2018 12:21:18 +0000 http://upeks.fajar.co.id/?p=125562 PADANG ARAFAH, Upeks.co.id–Saat ini di Padang Arafah seluruh Jamaah Calon Haji dari seluruh dunia tak terkecuali Indonesia secara serentak memulai pelaksanaan wukuf, Senin (20/8/2018).

Wukuf yang menjadi rangkaian utama ibadah haji dilaksanakan di setiap Kloter dimulai tepat pukul 12.00 WAS, dengan diawali dengan sambutan ketua kloter, dilanjutkan dengan khutbah wukuf seragam, lalu seluruh jamaah melaksanakan shalat Dhuhur dan Ashar secara jamak. Setelah shalat itu wukuf dimulai sampai tenggelamnya matahari.

“Kami mengimbau kepada jamaah agar memanfaatkan momentum wukuf dengan sebaik-baiknya untuk memohon ampunan kepada sang Pemilik Alam semesta. Selain itu, manfaatkan moment wukuf ini untuk memohon doa terbaik kita, karena di Arafah ini tidak ada lagi tirai penghalang antara hamba dengan penciptanya, maka mohonlah yang terbaik bagi orang tuanya, keluarganya, sahabat, kolega, bahkan para pemimpin dan rakyat bangsa kita,” jelas Mawardy,  Ketua Kloter 14 UPG, sesaat sebelum wukuf.

Jamaah calon haji Kloter 14 menempati tiga buah tenda di Maktab 33 Arafah. sudah memulai wukuf, sebanyak 452 jemaah beserta petugas larut me-langit-kan lantunan istigfar, zikir, dan doanya, bahkan ada yang sampai menitikan air mata.

“Harapan kami selaku petugas baik TPHI, TPIHI maupun TKHI yang tetap memantau dan memastikan jemaah bisa melakukan aktifitas wukuf hari ini dengan lancar. Dan semaksimal mungkin bisa membantu mengantar jemaah  kloter kami meraih predikat haji yang mabrur, Insya Allah,” imbuhnya. (*)

]]>
http://upeks.fajar.co.id/2018/08/20/jamaah-kloter-14-upg-larut-dalam-lantunan-istigfar-zikir-dan-doa/feed/ 0
Perpustakaan Lorong Parangtambung Ukir Prestasi se-Sulsel http://upeks.fajar.co.id/2018/08/20/perpustakaan-lorong-parangtambung-ukir-prestasi-se-sulsel/ http://upeks.fajar.co.id/2018/08/20/perpustakaan-lorong-parangtambung-ukir-prestasi-se-sulsel/#respond Mon, 20 Aug 2018 11:56:00 +0000 http://upeks.fajar.co.id/?p=125558

MAKASSAR,UPEKS.co.id—Ketua relawan perpustakaan lorong Parangtambung, Reski Amalia kembali mengukir prestasi setelah berhasil memenangi pemilihan duta baca Perpustakaan Sulsel, 2018.

Kepala Perpustakaan Nasional, Drs Muhammad Syarif Bando, M.M. mengukuhkan dan menyerahkan hadiah dan SK Gubernur Sulsel yang disaksikan Plt Gubernur Sulsel Soni Sumarsono, Plt Kadis Perpustakaan Arsip Sulsel dan Penggagas perpustakaan Lorong
Parangtambung, Bachtiar Adnan Kusuma.

Dengan terpilihnya Reski sebagai Duta Baca Perpustakaan Sulsel, sekaligus menunjukkan prestasi dan karya kalau perpustakaan lorong Parangtambung menjadi ikon destinasi literasi pertama di kota Makassar.

“Prestasi dan pengakuan pemerintah menunjukkan jika perpustakaan lorong Parangtambung karya bersama Ketua BKM, Lurah Parangtambung dan Relawannya yang hebat-hebat”, kata Bachtiar Adnan Kusuma mendampingi Reski menerima penghargaan dari Gubernur Sulsel, Senin 20/8 di Perpus Multi Media Jl S.Alauddin.(rls).

]]>
http://upeks.fajar.co.id/2018/08/20/perpustakaan-lorong-parangtambung-ukir-prestasi-se-sulsel/feed/ 0